Friday 29 August 2008

JANGAN MENILAI MANUSIA DARI LUARNYA


Hal menilai orang dengan sembarangan kerap terjadi di masyarakat kita. Kita tau berburuk sangka sudah menjadi hal yang biasa, manusia baikpun sering mendapatkan perlakuan yang tidak adil.
Kita secara langsung atau tidak langsung terdidik oleh orang tua atau lingkungan menjadi manusia yang berpikiran buruk kepada orang lain. Contohnya disaat ada orang yang memakai pakaian yang kumuh mereka pasti langsung mempunyai pikiran buruk kepada dirinya, walaupun dia sebenarnya mungkin manusia baik dan jujur.

Seperti halnya yang banyak terjadi adalah penilaian yang buruk terhadap manusia yang bertato, rambut di cat, rambut gondrong, lelaki beranting, memakai pakaian yang belel/lusuh, atau yang paling aneh menurut saya penilaian seorang nyonya kepada teman anak perempuannya yang memakai motor. Dia dilecehkan hanya sebatas karena ia tidak mempunyai atau tidak bisa menyetir mobil!!. Seburuk dan sedangkal itukah cara pandang dan cara menilai manusia kepada manusia lain?.
Begitu besarnya energi negatif mempengaruhi cara pandang seseorang tanpa dia sadari, yang menjadikan dia manusia yang berpikiran dangkal dan buruk. Tanpa sadar anda membuat ketidakadilan kepada orang lain. Tanpa sadar anda menjadi orang yang sombong merasa manusia yang lebih hebat/baik, tanpa sadar pula anda menjadi manusia yang negatif.

Dibalik rambut yang gondrong dan kucel Anda mungkin akan kaget disaat tahu bahwa dia ternyata seniman besar yang baik hati dan mungkin lebih kaya dari Anda.
Dibalik motornya yang jelek mungkin saja dia seorang yang baik, bijaksana dan sederhana tidak mau berlebihan.
Ataupun mungkin dibalik badannya yang bertato dan beranting ternyata dia hanya menyukai tato sebagai seni yang indah dan dibalik itu dia ternyata orang yang amat sangat baik dan dermawan.
Bahkan dikehidupan nyata terkadang malah yang berpakaian rapi dan berdasi yang ternyata lebih jahat. Betul tidak?.

Ini sebenarnya penting untuk kita renungi bahwa penilaian itu harus seadil-adilnya, seperti halnya kita membaca sebuah buku, kita tidak akan tahu buku itu bagus atau tidak hanya dari sampulnya saja, tetapi anda harus membacanya sampai selesai. Setelah itu barulah anda bisa menilai apakah buku itu bagus atau tidak.

Anda harus tahu bahwa pada dasarnya semua manusia itu baik, semua manusia itu mempunyai sifat baik dan amat sangat tidak adil apabila anda berburuk sangka terlebih dahulu sebelum anda benar-benar mengenal.

No comments: